Hai teman teman ini ada hasil resume diskusi online CREATIVE AT HOME : CREATIVE ENTREPRENEUR buat temen temen yang tidak ikut kalian bisa baca resum ini untuk menambah wawasan.
NOTULENSI
MUHAMMAD AFIN
• Suka proses lah yang membawa kita sampe saat ini memiliki pengalaman bagaimana membangun usaha mulai dari kuliah bisa di katakan mulai dari nol hingga saat ini alhamdulilah ada beberapa usaha yang saya jalani saat ini ada kuliner pentol gila,loundry express dan juga pomade semoga dari pengalaman yang saya agikan kepada teman-teman memberikan manfaat kita semua
• Bonus demografi pada tahun 2030 mendatang di prediksikan indonesia akan mengalami era bonus demografi di saat penduduk siap produktif lebih tinggi dibandikana usia non produktif dengan proporsi dari 60% dari total jumlah penduduk indonesia menurut data bpjs
• Momentum ini tentu menjadi peluang dan juga ancaman dan menjadi peluang ketika kita meningkatkan sumber daya manusia untuk melakukan percepatan pembanguan ekonomi namun di sisi lain bonus demografi menjadi tantangan apabila tidak di persiapkan dengan baik salah satu resikonya adalah terjebaknya indonesia dalam midle in confret karena angkatan kerja yang tinggi mak kompetisi akan semakin meningkat, pertanyaan ya sudah kah kalian mempersiapkan berkompetisi di dunia kerja yang sangat ketat ini.
• Disamping itu revolusi industri sudah melangkah sampe kesitu dan menutut kualitas dan kapasitas sumber daya manusia yang lebih sedanhkan jurusan dan lulusan saat ini belum tentu kedepannya masih relefan pada dunia indutri bayangkan jika skill dan kemampuan kita tidak sesuai di dunia indutri seperti saat ini dan akan banyak pekerjaan yang hilang juga namun jangan khawatir di sisi lain akan ada banyak pekerjaan baru yang bermunculan dengan catatan teman-teman mempersiapkan mulai dari sekarang !
• Lalu apa yang di persiapkan dari kita yaitu seperti saat ini teman-teman berkuliah dengan jurusannya teman-teman ambil atau memilih menjadi creative enterpreneur ataupun menjadi pengusaha dan akan menciptakan lapangan pekerjaan tentunya dengan bekal skill dan kemampuan dan bertanggung jawab atas pilihan kalian da keputusannya walaupun ada resiko hal negatif dan ada oula hal positifnya.
• Sering kali mahasiswa bertanya kapan waktu yang tepat saat memuli usaha atau usaha apa yang tepat untuk mahasiswa,pengusaha bagusnya dirintis mulai sejak mahasiswa karena saat ini kalian berkuliah mempunyai waktu yang cukup luang.contohnya seperti proyek facebook sejak masih duduk di bangku kuliah bersama dengan teman-temanya dan serta tim
• Jadi tidaka ada alasan kalian semua untuk menjadi creative enterpreneur dan pilih fashion yang sesuai pilihan kalian semua. Dan manajemen waktu adalah hal yang paling penting dan kunci agar teman-teman bisa berjalan dengan baik antara kuliah ataupun organisasi jadi kunci bagaimana kamu memenets waktu kamu dan mana yang menjadi prioritas dan tidak. Creative enterpreneur adalah suatu pilihan yang sangat tepat dan bijak
• Creative enterpreneur adalah wirausaha yang mengembangkan kreatifitas dan inovatif dan indutri kreatif adalah kreatifitas yang sangat susah untuk ditiru selin itu kita dituntut memiliki kemampuan analisa waktu peluang membangun dan menjalankan bisnis dan mengangkat kearifan lokal.
• Saat ini yang lagi ngetren konten creator,influencer,iven creator itulah beberapa sektor kreatifitas
• Dulu saya memulai rental sepeda,pomede,bimbel dan tidak semua itu sukses teman-teman. Saat temen-temen gagal saat melakukan usaha tersebut ternyata itu bukan gagl akan tetapi temen-temen tidak ingin melanjutkanya lagi.
Ide Peluang bisnis :
1. Personal problem atau fashion
2. Jurusan kuliah
3. Potensi lingkungan
4. Tren saat ini
5. Tren masa depan
• Mencari ide bisnis bisa dicari dengan melihat diri kita atau mengamati peluang bisnis yang ada di diri kita dan ada permasalahan apa yang sedang kita rasakan ?dan temukan cara agar kita bisa memulai bisnis itu.
• Dari segi fashion yaitu kita harus tahu fashion kita itu apa. Akan tetapi ide itu juga bisa menghasilkan uang. Ada tekhnik untk kita melihat dari fashion ini teman-teman buat 5 list kesukaan teman-teman seperti itu. Jadi dari beberapa list tersebut kalian pilih yang mana bisa di jadikan bisnis menjadikan uang.
• Dari jurusan kuliah saat ketika lulus kalian sudah berfikir mencari skill dan buat kolom konten bisa di web site, youtube, dll yang bisa kita manfaatkan tapi yang paling bagus adalah youtube.
• Dari potensi lingkungan jadi teman-teman bisa cari peluang yang berpotensi menjadi usaha atau ada masalah apa mencari solusinya
• Dari tren saat ini jadi kalian bisa melihat tren apa yang sedang berkembang saat ini seperti sedang wabah covid-19 belajar dirumah, bekerja dirumah ini banyak tren yang bermunculan seperti di kuliner seperti frozen dan bisa didistribusikan online dana ada tren kesehatan seperti saat ini covid-19 seperti masker,handsanitizer
• Tren masa depan mereka yang tau akan tren akan menjadi the winner contoh seperti facebook terus ada alibaba,tokopedia,tiket.com,agen traveloka dari manua jadi online jadi tren kedepan ini bisa mengamati dan membaca serta belajar indutrinya bisa menjadi peluang yang sangat besar dan menguntungkan.
• Mindset jadi saat mencari ide bisnis kita harus berfikir saya ingin bantu apa dengan cara apa .dan saya ingin membatu mahasisiwa belajar b.inggris daam 3 bulan jago b.inggris
• Saat saya membuka usaha rental sepeda saya mebuka rental sepeda dari masalah saya menangkap permasalah dan harus ada solusinya
• Saya juga mengikuti organisasi dan memiliki banyak teman dari organisasi
• Tentukan segment adaah siap target market kita dan kita ingin bergerak di bidang apa .
• Bmc adalah bisnis model kanfas jadi itu memudahkan meliahat sesuatu yang bisnis yang jauh biar jelas
• Cara cepat belajar bisnis menurut saya ada 3 yaitu magang atau membentuk suatu tim, reseller atau sharing penjual,dropshiper
Penanya :
1. Agung
Kak kira-kira usaha apa sihyang ocok dikala pandemi ini dan gimana sih kak,ngadepin usaha dikala pandemi in. Kan banyak tuh yang gulung tikar,dan gimana siasatnya?
Jawab : kita lihat tren saat ini pastinya tentang kesehatan itu pasti akan naik dan kalian harus menyesuaikan atau cari bisnis lebih menguntukan serta kebutuhan pokok dan kita harus jeli melihat peluang.
2. Yahya
Kak giman sih cara baca segmen kedepan . apalagi posisi kita sebagai mahasiswa ini. Dagimana sih kak, nyesuain waktunya antara usaha,organisasi dan keakademikan kemahasiswaan?
Jawab : – untuk membaca segmentasi kedepan kita sering berproses belajar agar intuisi kita terbentuk dan belajar dengan giat dan cari panutan bisnis yang baik
– Teman-teman harus memprioritaskan menyekalakan prioritas bisa membaca buku steven habbit 7 kebiasaan efektif disitu dijelaskan kita mempunyai 4 kuadran kita fokus pada kudran 2 kita berfokus pada apa yang bisa kita kontrol,apa yang bisa menjadi prioritas, apa yang kita planning. intinya kita memprioritaskan apa yang akan di prioritaskan
3. Lina
Jadi pertimbangan apa yg akhirnya kak alfin memutuskan untuk memulai bisnis yang dijalani saat ini lalu bagaimna riset pasar yg dilakukn kak alfin?
Terimakasih
Jawab : kita menganalisa seperti usaha saya pentol gila dan loundry segmentasi saya ada di mahasiswa jadi kita langsung saja bertanya cemilan yang murah dan saat mahasiswa sibuk kuliah seperti langganan loundry.
4. Nurul
Hal yang paling klasik nih kak, yakni modal. Iya sih kadang bisa nyisihin uang saku, tapi kadang engga konsisten gitu kak. Dan juga kadang, klo nyisihin suka kurang klo buat ngapa2in, apalagi kadang mahasiswa itu suruh beli ini, beli itu sama dosen, khususnya buku buat bacaan/refrensi?
Jawab : bisnis emang butuh modal akan tetapi modal itu tidak hanya financial atau uang ,tapi modal bisa kepecayaan dan komunikasi yang seperti saya sebutkan dropshiper.
5. Wanda
Setiap orang yang akan/sudah membuka usaha pasti merancang segala sesuatu semaksimal mungkin, dan pastinya menggunakan pola mikir mereka sebagai mana mestinya. Nah pertanyaannya, kalo semisal seseorang itu udah merancang nya semua dan usahanya udah berjalan. Trus tiba tiba ada pihak lain yang dengan mudahnya meniru usaha kita baik dari sistem maupun strategi nya. Terus apa yg harus dilakukan untuk meminimalisir itu? Terimakasih
Jawab : tentunya era informasi ini sangatlah mudah dan orang meniru pola pikir dan pola kegiatan kita itu sudha biasa jadi usaha yang bagus itu ada kompetiternya jika tidak ada kita tidak bisa berkembangyang pasti kita terus kreatif dan inovatif biar tidak mudah ditiru jika usaha kita ditiru kita harus inovatif lagi dan inovasi baru.